Pengikut

Rabu, 29 Mei 2013

Model Pembelajaran ASSURE



Rencana pembelajaran ASSURE
Materi             : Geografi

Analyze Learners
·         Karakteristik Umum
Kelas Ibu Endang dengan jumlah siswa 28 anak memiliki rata-rata usia antara 8-9 tahun. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas anak cenderung mudah bosan jika materi pelajaran terlalu banyak diberikan secara teori. Anak lebih senang pelajaran dengan praktik langsung atau melakukan penelitian. Suasana kelas cenderung selalu ramai karena anak-anak yang sulit untuk duduk diam karena lebih senag mengeksplor keadaan di sekitarnya.
·         Kompetensi Awal
Siswa harus sudah mengetahui sumber daya alam yang menjadi potensi dari masing-masing provinsi yang ada di sekitar provinsi mereka. Misalnya
·         Gaya Belajar Individu Siswa
Siswa sangat senang ketika pembelajaran dilakukan diluar kelas, bekerja secara mandiri, dan menunjukkan hasil yang lebih maksimal jika dibandingkan mengerjakan soal di dalam kelas pada matapelajaran tertentu. Misalnya dalam pelajara IPA siswa lebihn senang dan bersemangat untuk mengamati lingkungan di sekitar sekolah, hewan yang ada di sekitar sekolah, dll. Untuk pelajaran IPS siswa lebih bersemangat untuk mengamati secara langsung keadaan geografis dan kenampakan alam yang ada di sekitar sekolah.
State Standards and Objectives
·         Kompetensi dasar yang harus dicapai
Mengidentifikasi faktor-faktor geografis yang mempengaruhi keadaan ekonomi, sosial, dan sejarah politik suatu provinsi.
·         Tujuan pembelajaran
Siswa mampu menjelaskan sedikitnya dua faktor geografis yang mempengaruhi keadaan ekonomi, sosial, dan sejarah politik dari setiap provinsi yang ada di sekitar provinsi mereka.
Select Strategies, Technology, Media, and Materials.
·         Strategi pembelajaran dilakukan dengan cara memberikan pedoman langkah kerja yang telah disusun oleh guru, kemudian membebaskan siswa untyuk bekerja secara mandiri dalam mencari informasi yang dibutuhkan.
Teknologi yang bisa digunakan siswa untuk mengumpulkan informasi dapat menggunakan internet yang dimiliki sekolah.
Media yang dapat digunakan siswa untuk mengumpulkan informasi dapat menggunakan peta, atlas, globe, komputer, serta buku-buku di perpustakaan.
Materi dalam kegiatan pembelajara ini  adalah keadaan geografis serta pemanfaatan sumber daya alam yang ada di provinsi sekitar provinsi mereka.
·         Dasar pertimbangan pemilihan strategi, teknologi, media, dan materi
Strategi yang digunakan yaitu dengan membebaskan siswa bekerja secara mandiri karena siswa lebih antusia dan bersemangat jika diberi kesempatan untuk mengeksplor kemampuan-kemampuan yang mereka miliki. Misalnya anak yang senang membaca akan memanfaatkan buku-buku di perrpustakaan untuk mencari informasi, siswa yang senang dengan teknologi akan lebih mudah mencari informasi dari internet, dan siswa yang suka terhadap alam akan lebih bersemangat jika mengamati keadaan alam secara langsung.
Pemanfaatan teknologi yang dimiliki sekolah berupa internet dapat lebih memudahkan siswa dalam mencari informasi serta lebih mengembangkan kemampuan siswa dalam memanfaatkan teknologi.
            Media-media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan ini telah dipilih sesuai dengan kebutuhan siswa serta disesuaikan dengan keadan yang dimiliki oleh sekolah agar bisa digunakan secara maksimal dalam pembelajaran ini.
            Materi yang dipilih juga telah disesuaikan dengan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran IPS khususnya geografi.

Utilize Technology, Media, and Materials
·         Preview Technology, Media, and Materials
Teknologi yang digunakan berupa internet yang dimiliki oleh sekolah, pemanfaatan teknologi ini karena diharapkan siswa juga bisa lebih mengembangkan kemampuannya dalam mengoperasikan teknologi yang ada di sekolah khususnya intrenet.
Media pembelajaran berupa penggunaan peta, atlas, globe, komputer, serta buku-buku yang ada di sekolah, media-media tersebut sudah dimiliki sekolah dan siswa tinggal memanfaatkan media tersebut semaksimal mungkin.
Materi yang diberikan yaitu tentang kenampakan alam dam keadaan geografis yang ada disekitar provinsi mereka.
·         Prepare Technology, Media, and Materials
Penggunaan teknologi media dan materi yang digunakan oleh siswa sesuai dengan tingkat kemampuan dan pemahaman siswa dalam memanfaatkan teknologi, media serta materi yang telah disediakan. Siswa juga diberi kebebasan untuk meminta bantuan kepada guru jika menemui kesulitan dalam penggunaan teknologi, media serta Materi tersebut.
·         Prepare the Environment
Penggunaan teknologi internet dilakukan diruang komputer sekolah dan meminta petugas untuk mengawasi serta membantu siswa.
Penggunaan media seperti peta, atlas, gloge, dan buku dapat dilakukan di ruang kelas maupun perpustakaan.
·         Prepare the Learners
Penggunaan teknologi komputer,  internet, dan alat-alat di perpusatakaan yang dilakukan di ruang komputermaupun diperpustakaan dengan meminta bantuan pengawasan dari petugas karena guru tidak memungkinkan untuk mengawasi siswa satu per satu karena guru juga harus memantau kegiatan siswa yang dilakukan diluar kelas oleh siswa lain. Dengan bantuan oleh petugas lain yang bersangkutan dengan teknologi dan media yang dimiliki sekolah tentu akan lebih efektif untuk memastikan keterlibatan siswa.

·         Provide the Learning Experience
Strategi pembelajaran berpusat pada guru, dalam strategi ini guru hanya memberikan pengantar pada siswa tentang hal-hal apa saja yang harus dikerjakan melalui lembar langkah kerja yang telah dibagikan.
            Strategi berpusat pada siswa
            Attention, dengan membebaskan siswa untuk belajar mandiri dan mengeksplor lingkungan sekitar serta pemanfaatan teknologi diharapkan siswa akan lebih tertarik untuk menikuti pembelajaran
            Relevant, penggunaan teknologi, media, serta materi yang diberikan sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai siswa, serta berdasarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh siswa baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
            Confidence, strategi membebaskan siswa bekerja mandiri akan lebih memantapkan kepercayaan diri siswa dalam bekerja.
            Satisfaction, strategi pembelajaran tersebut akan memberikan kepuasan pada siswa karena siswa telah bekerja sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.
Reqire Learner Participation
·         Untuk membangun pemahaman yang aktif dalam diri siswa yaitu dengan memveri kebebasan pada siswa untuk mencari tahu sendiri informasi yang dibutuhkan menggunakan media dan teknologi yang ada.
·         Penerapan pengetahuan yang didapat siswa dari pembelajaran antara lain dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada disekitar mererka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.
·         Umpan balik yang diterima siswa, siswa menjadi tahu potensi keadaan geografis serta sumber daya alam yang ada di provinsi mereka dan dapat memanfaatkannya untuk memejukan daerahnya.




Evaluate and revise
·         Penilaian yang dilakukan untuk mengetahui pencapaian siswa kompetensi dasar dan tujuan yang telah ditentukan yaitu dengan meminta siswa mendeskripsikan dan menjelaskan hasil kerja mereka dalam bentuk uraian.
·         Untuk mengetahui efektif atau tidaknya strategi, teknologi, dan media yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah dengan menillai sejauh mana observasi yang dilakukan oleh siswa serta informasi yang dikumpulkan siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar