Rencana pembelajaran ASSURE
Materi : Geografi
Analyze Learners
·
Karakteristik Umum
Kelas
Ibu Endang dengan jumlah siswa 28 anak memiliki rata-rata usia antara 8-9
tahun. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas anak cenderung mudah bosan jika
materi pelajaran terlalu banyak diberikan secara teori. Anak lebih senang
pelajaran dengan praktik langsung atau melakukan penelitian. Suasana kelas
cenderung selalu ramai karena anak-anak yang sulit untuk duduk diam karena
lebih senag mengeksplor keadaan di sekitarnya.
·
Kompetensi Awal
Siswa harus sudah mengetahui
sumber daya alam yang menjadi potensi dari masing-masing provinsi yang ada di
sekitar provinsi mereka. Misalnya
·
Gaya Belajar Individu Siswa
Siswa
sangat senang ketika pembelajaran dilakukan diluar kelas, bekerja secara
mandiri, dan menunjukkan hasil yang lebih maksimal jika dibandingkan
mengerjakan soal di dalam kelas pada matapelajaran tertentu. Misalnya dalam
pelajara IPA siswa lebihn senang dan bersemangat untuk mengamati lingkungan di
sekitar sekolah, hewan yang ada di sekitar sekolah, dll. Untuk pelajaran IPS
siswa lebih bersemangat untuk mengamati secara langsung keadaan geografis dan
kenampakan alam yang ada di sekitar sekolah.
State Standards and Objectives
·
Kompetensi dasar yang harus dicapai
Mengidentifikasi
faktor-faktor geografis yang mempengaruhi keadaan ekonomi, sosial, dan sejarah
politik suatu provinsi.
·
Tujuan pembelajaran
Siswa
mampu menjelaskan sedikitnya dua faktor geografis yang mempengaruhi keadaan
ekonomi, sosial, dan sejarah politik dari setiap provinsi yang ada di sekitar
provinsi mereka.
Select Strategies, Technology,
Media, and Materials.
·
Strategi pembelajaran dilakukan dengan cara memberikan
pedoman langkah kerja yang telah disusun oleh guru, kemudian membebaskan siswa
untyuk bekerja secara mandiri dalam mencari informasi yang dibutuhkan.
Teknologi
yang bisa digunakan siswa untuk mengumpulkan informasi dapat menggunakan internet
yang dimiliki sekolah.
Media
yang dapat digunakan siswa untuk mengumpulkan informasi dapat menggunakan peta,
atlas, globe, komputer, serta buku-buku di perpustakaan.
Materi
dalam kegiatan pembelajara ini adalah
keadaan geografis serta pemanfaatan sumber daya alam yang ada di provinsi
sekitar provinsi mereka.
·
Dasar pertimbangan pemilihan strategi, teknologi, media, dan
materi
Strategi
yang digunakan yaitu dengan membebaskan siswa bekerja secara mandiri karena
siswa lebih antusia dan bersemangat jika diberi kesempatan untuk mengeksplor
kemampuan-kemampuan yang mereka miliki. Misalnya anak yang senang membaca akan
memanfaatkan buku-buku di perrpustakaan untuk mencari informasi, siswa yang
senang dengan teknologi akan lebih mudah mencari informasi dari internet, dan
siswa yang suka terhadap alam akan lebih bersemangat jika mengamati keadaan alam
secara langsung.
Pemanfaatan
teknologi yang dimiliki sekolah berupa internet dapat lebih memudahkan siswa
dalam mencari informasi serta lebih mengembangkan kemampuan siswa dalam
memanfaatkan teknologi.
Media-media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan
ini telah dipilih sesuai dengan kebutuhan siswa serta disesuaikan dengan keadan
yang dimiliki oleh sekolah agar bisa digunakan secara maksimal dalam
pembelajaran ini.
Materi yang dipilih juga telah disesuaikan dengan
kompetensi yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran IPS khususnya geografi.
Utilize Technology, Media, and Materials
·
Preview Technology, Media, and Materials
Teknologi
yang digunakan berupa internet yang dimiliki oleh sekolah, pemanfaatan
teknologi ini karena diharapkan siswa juga bisa lebih mengembangkan
kemampuannya dalam mengoperasikan teknologi yang ada di sekolah khususnya
intrenet.
Media
pembelajaran berupa penggunaan peta, atlas, globe, komputer, serta buku-buku
yang ada di sekolah, media-media tersebut sudah dimiliki sekolah dan siswa
tinggal memanfaatkan media tersebut semaksimal mungkin.
Materi
yang diberikan yaitu tentang kenampakan alam dam keadaan geografis yang ada
disekitar provinsi mereka.
·
Prepare
Technology, Media, and Materials
Penggunaan
teknologi media dan materi yang digunakan oleh siswa sesuai dengan tingkat
kemampuan dan pemahaman siswa dalam memanfaatkan teknologi, media serta materi
yang telah disediakan. Siswa juga diberi kebebasan untuk meminta bantuan kepada
guru jika menemui kesulitan dalam penggunaan teknologi, media serta Materi
tersebut.
·
Prepare the
Environment
Penggunaan
teknologi internet dilakukan diruang komputer sekolah dan meminta petugas untuk
mengawasi serta membantu siswa.
Penggunaan
media seperti peta, atlas, gloge, dan buku dapat dilakukan di ruang kelas
maupun perpustakaan.
·
Prepare the
Learners
Penggunaan teknologi komputer, internet, dan alat-alat di perpusatakaan yang
dilakukan di ruang komputermaupun diperpustakaan dengan meminta bantuan
pengawasan dari petugas karena guru tidak memungkinkan untuk mengawasi siswa
satu per satu karena guru juga harus memantau kegiatan siswa yang dilakukan
diluar kelas oleh siswa lain. Dengan bantuan oleh petugas lain yang
bersangkutan dengan teknologi dan media yang dimiliki sekolah tentu akan lebih
efektif untuk memastikan keterlibatan siswa.
·
Provide the Learning Experience
Strategi pembelajaran berpusat pada guru, dalam strategi ini guru hanya memberikan
pengantar pada siswa tentang hal-hal apa saja yang harus dikerjakan melalui
lembar langkah kerja yang telah dibagikan.
Strategi
berpusat pada siswa
Attention, dengan membebaskan siswa
untuk belajar mandiri dan mengeksplor lingkungan sekitar serta pemanfaatan
teknologi diharapkan siswa akan lebih tertarik untuk menikuti pembelajaran
Relevant, penggunaan teknologi,
media, serta materi yang diberikan sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai
siswa, serta berdasarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh siswa baik dalam
kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
Confidence, strategi membebaskan
siswa bekerja mandiri akan lebih memantapkan kepercayaan diri siswa dalam
bekerja.
Satisfaction, strategi pembelajaran
tersebut akan memberikan kepuasan pada siswa karena siswa telah bekerja sesuai
dengan kemampuan mereka masing-masing.
Reqire Learner Participation
·
Untuk membangun pemahaman yang aktif dalam diri siswa yaitu dengan
memveri kebebasan pada siswa untuk mencari tahu sendiri informasi yang
dibutuhkan menggunakan media dan teknologi yang ada.
·
Penerapan pengetahuan yang didapat siswa dari pembelajaran antara lain
dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada disekitar mererka untuk memenuhi
kebutuhan sehari-hari mereka.
·
Umpan balik yang diterima siswa, siswa menjadi tahu potensi keadaan
geografis serta sumber daya alam yang ada di provinsi mereka dan dapat
memanfaatkannya untuk memejukan daerahnya.
Evaluate and revise
·
Penilaian yang dilakukan untuk mengetahui pencapaian siswa kompetensi
dasar dan tujuan yang telah ditentukan yaitu dengan meminta siswa
mendeskripsikan dan menjelaskan hasil kerja mereka dalam bentuk uraian.
·
Untuk mengetahui efektif atau tidaknya strategi, teknologi, dan media
yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah dengan menillai sejauh mana
observasi yang dilakukan oleh siswa serta informasi yang dikumpulkan siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar